Langsung ke konten utama

Unggulan

Sampah. Siapa Yang Sampah ?

Pada kenyataannya, sampah di negara-negara maju dan sebagian negara berkembang adalah industri. Lalu mengapa di Indonesia sampah menjadi momok permasalahan lingkungan yang tidak pernah hilang dari daftar perbaikan di instansi dan lembaga pemerintahan bahkan di NGO yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Komsumsi plastik di Indonesia tidak sebanyak negara-negara berkembang lainnya, namun Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik terbesar ke-2 di dunia. Artinya pengolahan sampah plastik di Indonesia yang sangat minim. Bahkan hanya beberapa provinsi yang meregulasi sampah plastik secara khusus. Keterbatasan pengolahan sampah di Indonesia adalah karena sampah-sampah yang dihasilkan masih mengandung sampah. Kebiasaan membuang sampah masyarakat masih jauh dari kata Cerdas. Di negara-negara maju edukasi cara membuang sampah sudah di terapkan sejak dini. Artinya peran pendidikan sangat penting dalam hal ini. Bahkan hal sederhana seperti membedakan sampah organik

Komputasi dalam Kimia

Untuk mempermudahkan teman-teman dalam menganalisis senyawa baik secara kualitatif maupun kuantitatif dapat menggunakan beberapa software. Semakin berkembangnya zaman maka teknologi dibidang sains semakin berkembang pula. Demi tingkat akurasi yang tinggi dari hasil analisis ada baiknya teman-teman menggunakan beberapa software berikut.

Kali ini saya akan memberikan beberapa software kimia untuk membantu teman-teman dalam membaca ataupun menganalisis suatu spektrum/peak yang di hasilkan oleh suatu instrumen.

1. Essential FTIR

2. SpekWin Versi 1.72.0

3. EPW32 ---> (Kirim e-mail ke epw32 )

Selamat mencoba !!! Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer