Langsung ke konten utama

Unggulan

Sampah. Siapa Yang Sampah ?

Pada kenyataannya, sampah di negara-negara maju dan sebagian negara berkembang adalah industri. Lalu mengapa di Indonesia sampah menjadi momok permasalahan lingkungan yang tidak pernah hilang dari daftar perbaikan di instansi dan lembaga pemerintahan bahkan di NGO yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Komsumsi plastik di Indonesia tidak sebanyak negara-negara berkembang lainnya, namun Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik terbesar ke-2 di dunia. Artinya pengolahan sampah plastik di Indonesia yang sangat minim. Bahkan hanya beberapa provinsi yang meregulasi sampah plastik secara khusus. Keterbatasan pengolahan sampah di Indonesia adalah karena sampah-sampah yang dihasilkan masih mengandung sampah. Kebiasaan membuang sampah masyarakat masih jauh dari kata Cerdas. Di negara-negara maju edukasi cara membuang sampah sudah di terapkan sejak dini. Artinya peran pendidikan sangat penting dalam hal ini. Bahkan hal sederhana seperti membedakan sampah organik

Kitosan dan Manfaatnya dalam Kehidupan



Manfaat Kitosan
            Seperti pada pembahasan sebelumnya, Kitosan adalah biopolymer alami seperti selulosa. Yang membedakan antara kitosan dengan selulosa adalah gugus amina yang terdapat pada atom C ke-2 pada setiap monomernya. Kitosan merupakan senyawa turunan dari kitin yang dapat diperoleh dari dinding  sel  pada  jamur, exoskeleton, serangga, anthropodha, Mollusca dan crustaceae. Pada tulisan saya kali ini, saya akan menulis tentang berbagai manfaat kitosan di beragam bidang dalam kehidupan.
            Belum banyak orang yang tau kalau senyawa kitosan memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia, baik itu di bidang lingkungan hingga bidang medis. Berikut adalah uraiannya :
1.        Bidang Lingkungan
Saat ini sudah sangat banyak penelitian tentang pengaplikasian kitosan dalam bidang lingkungan. Kebanyakan penelitian tersebut mengaplikasikan kitosan sebagai Adsorben atau penjerap logam-logam berat seperti Zn, Cd, Cu, Pb, Mg dan Fe. selain logam berat, kitosan juga mampu mengadsorpsi berbagai pewarna sintetik yang biasa di gunakan di industri tekstil. Muzarelli (1977) melaporkan bahwa kitosan sudah pernah di gunakan untuk menyerap logam-logam seperti tembaga (Cu), timbal (Pb), besi (Fe), nikel (Ni), dan semua logam tersebut didapati mudah terserap dengan baik.
Menurut beberapa peneliti seperti Hutahean (2001) menggunakan kitosan sebagai adsorben logam seng (Zn) dan krom (Cr) dan didapati telah berhasil menurunkan kadar logam tersebut. Amelia (1991) melaporkan larutan kitosan yang di dapatnya mampu menurunkan kadar logam Cu pada limbah cair industri pelapis logam sebesar 60%.
Banyak muncul pertanyaan, Mengapa harus kitosan ? Kenapa tidak menggunakan adsorben lainnya ?. Mungkin saya akan langsung menjawab, karena kitosan merupakan biopolymer alami yang mudah disintesis dan terdegradasi di lingkungan, serta tidak menghasilkan produk samping yang berbahaya. Selain itu di pandang dari nilai efektifitas dan keekonomisannya, kitosan sangat cocok menjadi jawaban dari masalah pencemaran logam berat dan pewarna di lingkungan.
2.        Bidang Pangan
Salah satu keunggulan kitosan yaitu mampu untuk menekan pertumbuhan bakteri. Hal ini disebabkan karena kitosan memiliki polikation bermuatan positif yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri sehingga baik digunakan sebagai pengawet makanan. Pada zaman sekarang sangat banyak produk-produk pangan yang menggunakan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan seperti formali, boraks dan pengawet-pengawet berbahaya lainnya. Selain pengawet produk makanan juga banyak yang menggunakan pewarna berbahaya, seperti pewarna tekstil yang tidak lakay untuk di konsumsi.
Salah satu pengawet makanan alami yang baik untuk kesehatan adalah kitosan. Sangat banyak juga penelitian tentang aplikasi kitosan sebagai bahan pengawet makan yang dapat anda lihat di google. Dari beberapa artikel, jurnal hasil penelitian yang telah saya baca, tidak satupun yang menunjukkan hasil negatif  penggunaan kitosan sebagai bahan pengawet.
3.        Bidang Medis/Kesehatan
Masa sekarang kecenderungan masyarakat semakin meningkat untuk menggunakan produk-produk alami dibidang industri farmasi, pangan maupun kosmetik. Sangat banyak peroduk alami untuk bidang itu dan masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan tergantung dari kebutuhan konsumen itu sendiri. Pengembagan kitosan dalam dunia medis juga semakin banyak. Sudah banyak beredar produk-produk obat yang berbahan dasar kitosan di pasaran dunia, dan terbukti memiliki manfaat besar. Hal tersebut terbukti karena telah berlisensi dalam maupun luar negeri dan disetujui oleh pembuat kebijakan yang terkait.
4.        Bidang Industri
Perkembangan industri di Indonesia sangat cepat yang menyebabkan persaingan antara industri semakin ketat pula. Para pelaku industri yang kreatiflah yang dapat menjadi pemenang dalam persaingan tersebut. Mungkin terlalu lebay jika saya mengatakan bahwa Kitosan merupakan senyawa ajaib yang sangat di butuhkan di bidang industri. Hal ini disebabkan karena sifat dan fungsi kitosan sangat beragam, kitosan menonjol dalam kemampuannya sebagai pengikat atau pengkelat dalam proses koagulasi dan flokulasi. Disamping itu, juga berfungsi sebagai penstabil, pengental, pengisi, pen-gel, film pembungkus dan lain-lain, sehingga sangat dibutuhkan dalam industri obat-obatan, kosmetik, pangan, cat, perekat, kertas, pengolahan limbah, pupuk dan lain-lain (Knorr, 1991).

Beberapa Penelitian Terdahulu Tentang Kitosan
No
Derajat Deasetilasi (%)
Berat Molekul (kDa)
Aplikasi
Referensi
1
85
-
Pengikat kation Co, Ni, Ag, Zn
Lima IS & C.Airoldi, 2004
2
90
390
Transfeksi gen
Kiang T et al, 2004
3
85
-
Wound-healing dressing
Min BM et al, 2004
4
80
-
Anti kanker
Dhiman HK et al, 2004
5
90
-
Anti oksidan
Je JY et al, 2004
6
75
150
Anti tumor, drug delivery
Sakkinen M et al, 2003
7
85
5
Antitumor
Qin C et al¸ 2002
8
92
87
Antimikroba
Juma M et al, 2002
9
89
-
Simulator proliferasi fibroblast kulit manusia
Howling GI et al, 2001
           

Tulisan di atas adalah penjelasan yang sangat singkat tentang manfaat dari senyawa kitosan. Masih sangat banyak manfaat Kitosan dalam kehidupan. dan akan semakin banyak jika penelitian tentangan pengembangan kitosan terus di kembangkan. Tulisan di atas merupakan hasil pemikiran dari seorang manusia dan tak ada manusia yang sempurna, maka dari itu diharapkan kritik dan saran dari pembaca yang dapat di tuangkan dalam kolom komentar.
Terima Kasih.

Komentar

Postingan Populer